Siswa SMAN 1 Pinrang Juarai Penulisan Cerpen



  Khaeriyah Nasruddin, pelajar SMA Negeri 1 Pinrang berpose bersama para juara sayembara kumpulan   cerpen yang diadakan Kementerian Pendidikan Nasional di Jakarta pekan lalu.


PINRANG, AJPNews—Khaeriyah Nasruddin, pelajar SMA Negeri 1 Pinrang, berhasil mengungguli 840 peserta dalam Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan.
 Acara tersebut dilaksanakan oleh Pusat Kurikulum Pembukuan Indonesia Kementerian Pendidikan Nasional yang dilaksanakan di Hotel Arya Duta Jakarta pekan lalu. Khaeriyah keluar sebagai juara pertama pada sayembara kumpulan cerpen, satu dari tiga kategori yang dilombakan selain puisi dan novel. 
Saat ditemui di sekolahnya, Khaeriyah mengatakan, dirinya merupakan satu-satunya peserta sayembara asal Sulawesi Selatan (Sulsel) yang diundang untuk kategori pelajar dari 45 peserta yang mendapat panggilan dalam kegiatan itu. “Sebenarnya peserta dari Sulsel ada dua, tapi yang satunya bukan pelajar,” katanya, selasa (3/12).
Dia mengatakan, karya kumpulan cerpen miliknya yang dinilai terbaik oleh juri berjudul Kunang-Kunang dalam Cerita dengan ceritanya menggambarkan kehidupan keluarga kunang-kunang yang penuh intrik dan suka duka “Saya terinspirasi setelah membaca sebuah buku yang menceritakan kisah seekor kunang-kunang, dan saya menilai kunang-kunang adalah serangga yang misterius,” jelasnya.
Salah satu bagian yang menarik dalam cerpen karyanya tersebut, kata dia, adalah serita seorang anak  yang hendak bertemu dengan orang tuanya yang telah meninggal dunia, sehingga anak tersebut menceritakan unek-unek dan keinginannya pada sebuah perahu kertas dan dibentuk menjadi sebuah perahu kertas. “Setelah itu, dihanyutkan di sungai, namun impian anak tersebut tidak juga terwujud,” paparnya.
Menurut Khaeriyah, karya kumpulan cerpen setebal 61 halaman itu memiliki cerita sebanyak 10 buah. 4 diantaranya mengisahkan tentang kunang-kunang dan kumpulan cerpen itu telah dirampungkan setahun silam, namun beberapa bagian mengalami perubahan. “Untuk merevisi kumpulan cerpen itu, saya butuh beberapa hari,” urainya.
Pembina Kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMA Negeri 1 Pinrang, H Zaenal Umar mengatakan, pihak sekolah favorit di Bumi Lasinrang ini, dari awal telah membina siswa yang berbakat di bidang tulis-menulis, baik untuk bidang fiksi, social budaya dan sains. “Semua siswa yang berminat dapat masuk di dalam kelompok KIR dan diarahkan sesuai dengan bakar siswa,” terangnya.
Dikatakannya, sekita 40 siswa yang ada di sekolah itu intens mengikuti kegiatan KIR yang diadakan setiap sepekan sekali untuk mengasah kemampuan tulis-menulis, kendati masih terkendala oleh referensi bahan penulisan.
Zaenal menyebutkan, kumpulan cerpen pelajar SMA Negeri 1 Pinrang ini, nantinya akan diterbitkan menjadi sebuah buku yang ditangani langsung oleh Kementerian Pendidikan Nasional. (rul/pan)

Komentar

Posting Komentar